Sabtu, 06 November 2010

APA tu TAe Kwo DO ????


What is taekwondo???!

Taekwondo adalah seni beladiri yang berasal dari KOREA, yang tidak hanya mengajarkan fisik atau kemampuan bertarung saja. Melainkan suatu bentuk pendisiplinan yang dapat meningkatkan spirit serta tubuh kita melalui latihan yang membentuk jiwa dan raga kita.
Saat ini Taekwondo sudah merupakan olahraga yang banyak dikenal oleh banyak negara,dan menjadi bagian dari olympic game. Taekwondo(dibaca: T-Kwon-Do) sendiri terdiri dari tiga suku kata yaitu, “tae”,”kwon”,”do”. “tae” berarti kaki/tendangan”,”kwon” berarti tangan/pukulan,dan “do”adalah seni/jalan/pendisiplinan jika 3 suku kata tersebut digabung menjadi satu maka akan terlihat dua buah konsep dibalik kata Taekwondo.
Pertama adalah Taekwondo merupakan cara/seni menggunakan kaki(Tae) dan tangan(Kwon) atau seluruh bagian dari tubuh yang dicerminkan daro tangan dan kaki. Yang kedua,Taekwondo adalah jalan/cara untuk mengendalikan emosi dalam sebuah pertarungan agar tetap tenang.

Sparing

Taekwondo sendiri telah berkembang lebih dari 5000 tahun dalam sejarah panjang bangsa korea, sebelum berubah menjadi taekwondo yang seperti saat ini taekwondo disebut dengan beberapa nama yang berbeda. Di korea, taekwondo dimulai sebagai sebuah beladiri yang disebut dengan”subak” atau “taekyon” dan dikembangkan sebagai cara untuk melatih jiwa dan raga di sebuah kerajaan koguryo pada jaman kuno. Pada jaman shilla,taekyon menjadi tulang punggung dari hwarangdo yang merupakan prajurit dari kerajaan tersebut

Tidak ada komentar:

Posting Komentar